Jumat, 25 Maret 2016

Peranan Pelajar Dalam Pendidikan

Setiap tanggal 2 Mei kita peringati sebagai hari Pendidikan Nasional. Kaitannya dengan hari itu,tentu saja kita ingat kepada bapak Ki Hajar Dewantara dengan Taman Siswa yang didirikannya untuk memberikan kesempatan bagi rakyat jelata yang pada saat itu tidak memperoleh hak pendidikan. Di dalam sekolah tersebut,selain untuk menuntut ilmu juga bertujuan untuk membentuk generasi atau jiwa kebangsaan. Untuk tujuan itu,kita dalam kegiatan belajar-mengajar harus menanamkan semangat cinta tanah air dan anti penjajahan. Kemudian dapat kita simpulkan bahwa pendidikan sangatlah penting bagi kehidupan bangsa dan negara. Tanpa pendidikan mustahil kita dapat melanjutkan kehidupan bernegara.

Dalam membekali generasi penerus bangsa dengan pendidikan umum saja belum cukup untuk memajukan kehidupan bangsa. Maka mereka perlu mendapatkan pendidikan moral juga yang dapat membentuk seorang pribadi yang berakhlah mulia,jujur,dan tanggung jawab. Sebagaimana kitaa ketahui dan kita rasakan fenomena pemerosatan/penurunan moral pada pelajar di era ini sudah mencapai titik terendah. Bagaimana fenomena ini bisa terjadi?

Tentu saja bisa,salah satunya karena saat ini banyak sekali tindakan kriminal yang mayoritas pelaku dan korbannya adalah pelajar. Pemerosotan moral yang sering terjadi adalah semakin berkurangnya tingkat kesantunan pelajar dalam bersikap. Seolah-olah mereka lupa bagaimana menghormati orang tua,dan bagaimana bersikap dengan sebaya atau orang yang lebih muda. Selain itu,sering kali para pelajar menonton atau menyimpan video porno,minum-minuman keras,penggunaan narkoba,tawuran pelajar,pemerkosaan,dan masih banyak lagi tintakan kriminal lainnya.

Nah,teman-teman apabila kenakalan remaja dibiarkan begitu saja tentu masa depan mereka sendiri dan masa depan bangsa akan rusak dan hancur. Seperti syair yang dikemukakan oleh Ahmad Syauki Bey "Sesungguhnya suatu bangsa akan menjadi baik apabila penghuninya berakhlak mulia,dan Sesungguhnya suatu bangsa akan hancur apabila penghuninya sudah tidak lagi punya aakhlak." Kalian tahu,apasih faktor yang mempengaruhi pemerosotan moral itu?Mari kita renungkan jawabannya=)

Sebenarnya banyak sekali faktor yang mempengaruhi. Salah satu faktornya adalah kurang efisiennya para pelajar dalam memanfaatkan waktu yang mereka miliki. Pelajar kini,sebagian besar menfaatkan waktu luang hanya dengan berhura-hura saja daripada untuk belajar,membantu pekerjaan ortu,olahraga,dan masih banyak lagi kegiatan yang positif.

Sesungguhnya orang-orang yang paling baik diantara kamu ialah orang-orang yang paling baik akhlaknya. Pendidikan merumakan perkara yang sangat penting yang harus mendapatkan perhatian yang sangat serius dari pemerintahan. Oleh karena itu,marilah kita tingkatkan kesadaran pentingnya dunia pendidikan dan marilah kita sebagai pelajar untuk saling mengingatkan atar teman,selalu mengajak kebaikan,dan bersama-sama mengisi waktu luang dengan hal yang positif.

SEMANGAT Generasi Muda
SEMANGAT Yang Bermoral
SEMANGAT Generasi Pembawa Perubahan      

Tuntutlah ilmu setinggi-tingginya karena Tuhan akan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu pada tingkat yang tinggi. Dengan demikian,kemajuan dan kesehjateraan bangsa dan negara dapat terwujud segera.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Welcome to My Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang